Monday, January 5, 2015

Perkembangan Janin..Blessing!

Helloooo mommies...

Setelah melewati masa mual, muntah, letih, lesu, lemah dan menguras tenaga serta ngebanting mood..

Saatnya mulai belajar tentang perkembangan janin dalam kandungan...

Astaga...saya sibuk browsing kesana-kemari... super duper excited tiap kali USG ke dokter sambil dicocokin sama artikel perkembangan janin... 


Saya biasanya menggunakan artikel dari ibuhamil.com...kebetulan saya copy linknya disini yaaa..


Mommies bisa buat diary khusus perkembangan janin sampai besar nanti... 


Sejak dalam kandungan saya sudah dokumentasikan dalam satu album, mulai dari USG sampai gejala yang saya alami selama mengandung hehehe



Nah mommies... silahkan bisa baca-baca tentang perkembangan janin anda dilink berikut ini




                                      













Perkembangan Janin si Jabang Bayi

http://www.ibu-hamil.web.id/2015/01/gambar-tahapan-perkembangan-janin-per-bulan.html
Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan


Perkembangan Janin 3 Bulan 

Perkembangan janin pada bulan ketiga ditunjukan dengan tahap hampir terbentuk sempurnanya semua bagian tubuh bayi. 
Tangannya akan mulai bisa mengepal, dan kuku-kukunya juga mulai dapat tumbuh. Meski belum terlihat dengan sempurna, jenis kelamin bayi di usia kehamilan ini juga sudah mulai terbentuk, oleh karenanya pemeriksaan USG (Ultrasound) pada bulan ketiga kurang tepat dilakukan jika tujuannya untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Perlu diketahui pula bahwa bagian dalam tubuh janin juga sudah mulai berkembang, sistem kemih dan organ reproduksi mulai terbentuk, sedang hati mulai memproduksi empedu. 

Perkembangan Janin 4 Bulan 
Tahapan perkembangan janin di usia kehamilan ini menunjukan keadaan yang sudah semakin lengkap. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, jari, wajah sudah dapat dilihat dengan jelas, oleh karenanya pemeriksaan USG sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan ini. Nah, perlu diketahui pula bahwa dengan bantuan alat khusus, Anda dapat mulai mendengar detak jantungnya. Ia akan semakin aktif dan sering bergerak. Gerakan yang dilakukan janin di usia kehamilan ini misalnya menguap, mengisap jarinya, dan mengubah ekspresi wajah. 

Perkembangan Janin 5 Bulan 
Pada tahap perkembangan janin pada bulan kelima, gerakan janin akan terasa semakin kencang untuk melatih ototnya. Di bulan ini juga, kepala janin sudah mulai ditumbuhi rambut halus, begitupun denga tangan dan kakinya. Seluruh kulit bayi mulai tertutup oleh lapisan putih yang berfungsi untuk mencegah bayi terkena cairan ketuban secara langsung saat kelak ia dilahirkan. 

Perkembangan Janin 6 Bulan 
Pada perkembangan janin usia enam bulan, keriput pada kulit bayi mulai terbentuk. Pembuluh darah masih bisa terlihat karena kulit sangat tipis, terutama pada daerah sekitar perut. Pada bulan ini, bayi sudah dapat membuka dan menutup kelopak matanya, dan sudah dapat mendengarkan suara-suara dari luar perut. Oleh karenanya, ibu disarankan untuk memperdengarkan musik klasik pada janinnya menggunakan earphone untuk merangsang kecerdasan janinnya sejak dalam kandungan. 







Perkembangan Janin 7 Bulan 

Janin sudah dapat merespon suara-suara yang didengarnya dari luar perut. Dia juga sudah dapat merasakan adanya cahaya. Pada usia kehamilan ini, pertumbuhan tubuh bayi Anda akan semakin pesat, tubuhnya semakin besar, dan Anda dapat merasakan ketika bayi berganti posisi. Di usia kehamilan ini, tubuh bayi sudah mulai menyimpan lemak. 



Perkembangan Janin 8 Bulan 

Cadangan lemak dalam kulit kulit semakin banyak, sehingga kulit bayi tidak lagi tampak keriput. Pendengaran dan penglihatan bayi juga sudah dapat berfungsi dengan baik, begitupun dengan sistem dalam tubuhnya yang sebagian besar sudah dapat berfungsi, kecuali paru-paru. Otaknya juga semakin sempurna dan ia pun akan sering menendang-nendang. 



Perkembangan Janin 9 Bulan 

Perkembangan paru-paru semakin baik dan sudah dapat berfungsi. Tubuhnya akan memutar dengan posisi kepala berada di bawah menghadap jalan lahir. Di bulan ini, Anda akan semakin dekat dengan proses persalinan, sehingga siapkan mental dan fisik Anda. Demikian tahapan perkembangan janin dari bulan ke bulan dan gambarnya yang dapat kami rangkum. Jika dalam pemaparan di atas terdapat perbedaan dengan perkembangan janin Anda, kami harap maklum mengingat masing-masing bayi memiliki proses pertumbuhan yang berbeda-beda. Jika ada yang perlu didiskusikan silakan gunakan kolom komentar di bawah ini.


Sumber: http://www.ibu-hamil.web.id/2015/01/gambar-tahapan-perkembangan-janin-per-bulan.html
Disalin dari Ibu-Hamil.web.id, Blog Ibu Hamil Indonesia.


2 comments:

  1. Assalamualaikum.
    Wahh Mbak Dira, lagi isi ya sekarang :)
    Entah kenapa, saya ikut Senang sekali. Yg lancar Dan sehat2 ya Mama Dan Ade baby-nya.

    Artikelnya boleh saya save ya, untuk nanti ilmu buat saya saat nanti.
    Dan terimakasih sudah berbagi pengalaman. Mudah2an saya segera menyusul Mbak untuk dapat tiket H (Hamil).Amin.

    Salam kenal,
    Lana
    www.lanalouie.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak Lana Tika..kaka salah satu blogger favorite saya, terima kasih Sudah mampir yaa..
      Ini artikel lama, waktu Hamil 3tahun lalu hehee..saya copast kalau Ada yg membutuhkan saya kasih link ini

      Thanks for coming by..
      Saya doakan semoga lancar yaa perjuangannya, semangat selaluu

      Delete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES