Saturday, June 10, 2017

Diet saat Puasa


Assalamualaikum

Ramadhan tiba
Ramadhan tiba
Marhaban Ya Ramadhan
Marhaban Ya Ramadhan
*sing*

Alhamdulillah akhirnya berjumpa lagi dengan bulan penuh berkah. Semoga puasa kita di terima Allah dan diberikan kelancaran dalam menjalani ibadah hingga akhir Ramadhan.

Bahagia sekali apabila pada bulan Ramadhan ini kita bisa berkumpul bersama keluarga ya.

Berbagai macam aktivitas tentu tidak akan berkurang selama bulan Ramadhan bukan? Justru semakin padat aktivitas ibadah seperti mengaji, ikhtikhaf di masjid, sholat tarawih, sholat tahajud, dan sahur. Belum lagi dengan kebiasaan lain saat bulan Ramadhan yaitu berbuka puasa bersama dengan kerabat.

Godaan berat menahan diri memakan semuanya ala all you can eat hihihi. 

Setelah melahirkan berat badan saya semakin melambung ke angkasa. Tahun lalu akhirnya menggunakan cara diet sehat untuk menurunkan berat badan selama berpuasa. Alhamdulillah berat badan saya turun 5kg, walaupun setelah lebaran berangsur naik lagi karena makan terus *lol*. 



Kurma adalah salah satu buah yang wajib dikonsumsi saat berbuka puasa maupun saat sahur. Dengan mengkonsumsi kurma sangat bermanfaat bagi tubuh, karena kandungan vitamin yg tinggi, gula serta serat dan beberapa mineral penting.
Selama berpuasa saya merendam kurma didalam air selama semalam, dan meminum airnya saat sahur. Badan akan merasa lebih segar.



Biasanya saya minum air putih sebanyak 3 gelas saat sahur. Sebelum memasak 1 gelas, saat makan 1 gelas, dan selesai makan 1 gelas.

Sebaiknya minuman manis dikonsumsi saat berbuka puasa saja. Jika ingin minuman manis saat sahur, dibatasi hanya satu gelas, misalnya hanya segelas teh manis hangat, segelas es campur, dan sebangsanya. Jika rencana berbuka puasa diluar rumah, dilakukan schedule makanannya. Hehehe agak ribet sich, tapi worthy banget.
Jadi bisa kita atur pola makannya, sehari makan yang enak-enak, besoknya diet lagi.

Asupan nutrisi yang seimbang tentu sangat penting untuk menunjang aktivitas selama berpuasa. Agar tubuh tidak mudah lemas sebaiknya makin asupan karbohidrat yang cukup serta asupan protein khususnya protein hewani seperti ikan.


Sebaiknya jangan langsung tidur setelah makan sahur. Justru biasanya badan lemas ketika bangun tidur.
Beraktivitas seperti bisa setelah sahur, akan membantu membuat badan menjadi segar dan kepala tidak pusing.


Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.
Rute saya biasanya
  • 3 gelas saat sahur
  • 2 gelas saat buka puasa
  • 1 gelas setelah sholat Maghrib
  • 2 gelas setelah sholat tarawih.
Dengan banyak minum air putih tubuh akan terhindar dari dehidrasi, tetap segar selama berpuasa, kulit terhindar dari kekeringan.

Tahun lalu saya melakukan diet "ekstrem" saat berpuasa, dengan cara mengkonsumsi oatmeal. Sebenarnya bukan sama sekali tidak makan nasi, tapi takaran nasi dibatasi dan diganti dengan oatmeal sereal.

ilustrasi via IG hellmi rosadi
 Hidangan pembuka sangat menggiurkan bukan? Rasanya ingin mencoba semuanya, baru terasa puas. Sebaiknya berbuka puasa dengan hidangan pembuka secukupnya, misalnya dua kue dan teh hangat. Lalu dilanjutkan dengan sholat Maghrib. Hindari lambung yang terlalu penuh dengan hidangan pembuka sebelum makan nasi. Kurangi konsumsi gorengan selama berbuka puasa, perbanyak komsumsi buah-buahan.

Inilah godaan terbesar selama berpuasa. Es campur, es pisang ijo, es dawet, es teler, es blewah, semua bangsa minuman manis pasti ingin kita konsumsi. Jika ingin menurunkan berat badan saat berpuasa, kuatkan tekat untuk tidak mengkonsumsinya.

Diet bukan berarti tidak makan sama sekali, jadi hanya perlu mengubah pola makan sehari-hari. Khusus di bulan Ramadhan dimana waktu makan agak diputar sehingga perlu di-manage lagi kebutuhan nutrisinya.

Semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Selamat menurunkan berat badannya.
*kiss*


No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES