Sunday, June 18, 2017

Tetap Bugar saat Berpuasa, Yuk Olahraga♥


Dear Mommies...

Masih tetap semangat selama berpuasa khan Moms?

Tentu saja berpuasa tidak menghalangi aktivitas sehari-hari bukan, apalagi sampai membuat kita bermalas-malasan. Duh jangan sampai yaa.

Bagi ibu rumah tangga maupun ibu bekerja, berpuasa sambil beraktivitas mempunyai tantangan tersendiri. Ada kalanya badan menjadi mudah lelah dan tidak fit.

Ada beberapa tips ala Mommy Musa agar tetap bugar saat berpuasa, dengan berolahraga yang simple. 

Oh iyaa..sesuaikan dengan kegiatan Moms sehari-hari dan juga dengan kondisi tubuh ya Moms, jangan berolah raga yang  terlalu berat hingga menyebabkan mual, pusing, atau pingsan.


Jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah antara lain berjalan kaki, bersepeda, latihan exercise ringan, main badminton, dan nge-gym, yoga atau bahkan pilates.

1. BERJALAN KAKI
 Aktifitas berjalan kaki bisa membuat badan menjadi segar. Biasanya sehabis sholat shubuh kita bisa berkeliling kompleks rumah bersama buah hati. Atau meluangkan waktu pergi ke Taman di sekitar rumah. Selain dapat menghirup oksigen dengan nyaman, badan akan terasa lebih rileks Moms. 


Jalan-jalan di Taman saat pagi hari


2. BERSEPEDA
 Bagi yang mempunyai sepeda, bisa menggunakannya untuk berolah raga ringan. Sehabis sholat shubuh atau beberapa jam sebelum berbuka puasa. 
Mengayuh sepeda beberapa menit dapat membakar kalori dalam tubuh.



3. Latihan exercise ringan
  Beberapa latihan exercise dapat dilakukan di rumah. Moms bisa berlatih selepas sholat terawih, dengan sit up atau latihan dengan panduan video senam di youtube. Saya biasanya menggunakan barbel kecil, lumayan untuk angkat beban :)





4. Main Badminton
    Bermain badminton dengan santai dapat membakar kalori dalam tubuh. Sebaiknya dilakukan satu-dua jam sebelum adzan maghrib. Tentu saja jangan lupa dengan kegiatan utama kita ya Moms yaitu mempersiapkan menu buka puasa.





5. Program Fitnes, Yoga, pilates
    Moms bisa juga berolahraga di sarana gym, Kelas yoga atau pilates. Tentunya harus berkonsultasi dengan instruktur ya.
Biasanya banyak Mommies yang mengikuti kelas khusus, lebih teratur dan terjadwal.


Aturlah schedule olahraga dalam waktu satu minggu, sebaiknya berikan jeda jarak yang aman. Misalkan minggu ini bersepeda dan exercise ringan. Minggu depan bermain badminton, dan nge-gym.

Jangan dilakukan semuanya sekaligus apalagi bersamaan dengan diet ya Moms.

Sesuaikan juga dengan kekuatan dan saya tahan tubuh. Konsumsi makanan bergizi seimbang serta banyak minum agar terhindar dari dehidrasi. Serta atur jam istirahat yang cukup agar Badan kembali segar untuk beraktivitas.


Selamat berolahraga Moms
#salamolahraga♥




pic source: pexel.com

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES