Sunday, June 11, 2017

Tips Menyusui saat Berpuasa


Dear Mommies...

Pernah mengalami dilemma ketika ingin menyusui di bulan Ramadhan?

Khawatir bayi akan kekurangan gizi?

Merasa cemas Ibu akan merasa lemas sehingga bayi tidak memperoleh gizi yang maksimal?

Atau kekhawatiran yang lainnya?

Saya juga pernah mengalaminya, kira-kira dua tahun yang lalu. Saat itu Musa masih membutuhkan ASI eksklusif. Sementara saya ingin menunaikan ibadah puasa.

Antara khawatir dan ingin maksimal memberikan ASI eksklusif, maka saya segera berkonsultasi ke dokter spesialis anak, dan diminta untuk menambah wawasan dengan browsing di internet untuk menunjang keberanian hehehe.

Pada intinya saya diperbolehkan untuk tetap menyusui sekaligus berpuasa, karena bayi dan ibunya dalam keadaan sehat. Tentu dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku *lol*.

Berikut ini saya ringkas dari hasil konsultasi dan pencarian informasi dari buku-buku dan internet. Semoga dapat membantu dan bermanfaat ya Moms.



Sebaiknya pastikan Bayi dan ibu dalam keadaan sehat.
Jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter/perawat/bidan
Berkonsultasi dengan tenaga kesehatan sangat penting bagi Ibu Hamil dan Ibu menyusui. Biasanya akan dilakukan penimbangan badan bayi dan Ibu, serta akan direkomendasikan untuk berpuasa apabila kondisi Ibu dan bayi dalam keadaan segar.



Selalu niatkan berpuasa karena Allah SWT dan memohon kelancaran ibadah, serta memohon kesehatan untuk buah hati
Jangan lupa niat berpuasa karena Allah SWT semata. Dan memohon kelancaran ibadah, serta memohon kesehatan buah hati tercinta. Semoga selalu diberikan kemudahan saat beribadah. 



Selalu berpikiran positif dan bahagia
Produksi ASI saat berpuasa biasanya akan mengalami penurunan. Untuk menunjang kebutuhan nutrisi tubuh, sebaiknya selalu berusaha bahagia, hindari stress yang berlebihan, serta selalu berpikiran positif. Ibu menyusui yang bahagia, akan meningkatkan hormon oksitosin dan akan membantu memperbanyak produksi ASI.




Mengatur menu nutrisi seimbang, khususnya pada waktu-waktu tertentu
Buatlah schedule menu makanan yang teratur Moms. Selalu ingat bahwa waktu makan tetap tiga kali sehari, hanya sama jadwalnya diputar menjadi saat sahur, berbuka puasa, dan setelah sholat tarawih. Asupan nutrisi bergizi seimbang, dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak.
Saat berbuka puasa sebaiknya makan hidangan pembuka berupa kurma dan makanan manis.


Memperbanyak asupan cairan dan menghindari teh/kopi yang mengandung cafein
Asupan cairan yang dibutuhkan ibu menyusui tentu lebih banyak dari wanita yang lain. Moms bisa mengkonsumsi air putih, jus buah segar, susu sapi/kedelai, yogurt, atau bahkan sari daun katuk. 
Atur jadwal minum agar lambung tidak terlalu penuh dengan cairan, karena dapat menyebabkan kembung dan mual. Porsi minum 8 gelas sehari juga baik untuk ibu menyusui.
Hindari minum kopi/teh terlalu banyak, karena kafein menyebabkan susah tidur.


Mengurangi minuman terlalu manis saat sahur agar tidak lemas
Minuman manis memang sangat menyegarkan, terutama saat berbuka puasa. Namun saat sahur sebaiknya dikurangi ya Moms, karena dapat menyebabkan lemas pada tubuh.



Sebaiknya minum suplemen pelancar ASI untuk menunjang kebutuhan nutrisi
Sekarang ini sudah banyak suplemen pelancar ASI yang beredar di pasaran.  Selama menyusui saya rajin minum susu untuk ibu menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter/perawat/bidan manis suplemen apa yang cocok bagi anda.



Jangan lupa untuk memompa ASI sebelum tidur
Produksi ASI sebelum tidur biasanya cukup banyak. Hal ini disebabkan masukan nutrisi yang dikonsumsi setelah berbuka puasa. Gunakan moment ini untuk pumping ya Moms. Jangan lupa disimpan di kulkas.



Beristirahat yang cukup dan tidak beraktifitas terlalu berat selama berpuasa
Aktifitas yang berlebihan sebaiknya dikurangi ya Moms. Jangan terlalu memforsir tenaga, ingatlah selalu buah hati kita adalah prioritas utama untuk mendapatkan ASI. 
Buatlah jadwal tidur yang cukup, sebaiknya tetap 8 jam, diatur sedemikian rupa hingga tercukupi kebutuhan istirahat anda.



Tetap lakukan bounding dengan bayi, sambil mengajaknya bermain akan membantu stimulasi perkembangannya.
Buah hati adalah amanah yang indah. Tetap melakukan bounding dengannya, sambil mengajaknya bermain serta melakukan stimulasi perkembangannya. Meskipun kita sedang berpuasa, aktivitas bermain dengan buah hati tetap lancar ya Moms.

Demikian sedikit tips menyusui saat berpuasa. Semoga bermanfaat Moms.
Referensi 

  1. www.tipsbayi.com/puasa-ketika-menyusui.html
  2. https://asilaktasi.com/2016/06/14/ibu-hamil-dan-menyusui-berpuasa-tinjauan-kesehatan-dan-hukum-islam/
  3. http://aimi-asi.org/2008/08/tips-menyusui-ketika-puasa/
  4. https://supportbreastfeeding.wordpress.com/2009/08/28/berpuasa-ramadhan-saat-menyusui-bayi/p
  5. m.republika.co.id/berita/ramadhan/kabar-ramadhan/17/05/29/oqpat8313-pengaruh-puasa-terhadap-kehamilan-dan-menyusui
  6. pic source: pexel.com


2 comments:

  1. Tips nya bermanfaat banget buat ibu2 menyusui yang galau pengen puasa di bulan ramadhan ini :)

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES