Tuesday, July 11, 2017

Menikmati Kehamilan dengan Aktifitas Spesial




Dear Mommies...

Ada yang sedang Hamil Sekarang?
Berapa usia kehamilannya?

Aaah saya turut berbahagia, semoga sehat selalu Moms dan babynya yaa..

Saya ingin sharing berbagai aktifitas yang bisa Moms lakukan sembari menikmati kehamilan. Terutama saat Usia kehamilan masih belum terlalu mendekati 9 bulan, Moms masih bisa melakukan bermacam-macam aktifitas spesial.



Membaca Qur'an dan mendengarkan Murotal Al Qur'an

Bagi Mommies yang beragama Islam, salah satu aktifitas yang bisa dilakukan saat Hamil adalah mendengarkan murotal Al Qur'an atau bahkan mengkatamkan Al Qur'an.

Menurut penelitian banyak sekali manfaat bagi bayi dalam kandungan dan ibu bila diperdengarkan Al Qur'an antara lain:
  • Menenangkan bayi
  • Merangsang sel otak janin
  • Mencerdaskan otak anak
  • Membuat ibu menjadi tenang dan rileks
  • Mendekatkan janin dengan Allah dan Al Qur'an.

Moms bisa mengikuti program yang diadakan oleh rekan-rekan di One Day One Juz, sangat bagus untuk memotivasi mengkhatamkan Al Qur'an selama sebulan. Insyaallah Moms bisa 9 kali khatam Al Qur'an selama menanti kelahiran buah hati.

Selama mengandung Baby Moo, saya hampir Setiap hari menonton hafidz Indonesia di salah satu TV swasta. Hingga bercita-cita semoga kelak anak-anak bisa menjadi Hafidz Qur'an. Akhirnya setelah lahir saya berikan nama Musa. *curcol*




Membacakan buku cerita anak dan mendongeng sebelum tidur

Moms bisa membacakan buku cerita anak dan melakukan kegiatan mendongeng sebelum tidur.

Bayi dalam kandungan bisa mendengar suara Moms lhoh, terutama sejak usia 6 bulan keatas. Semakin sering mengajaknya berinteraksi dengan bercerita, akan membuat nyaman Si kecil dalam kandungan.

Sedini mungkin berikan kata-kata positif, serta bacakan cerita-cerita seru.

Selama Hamil Baby Moo saya sering mendongeng, efeknya luar bisa, Baby Moo sering merespon dengan menendang. Seru khan Moms!!!





Mengikuti komunitas senam hamil dan seminar tentang kehamilan dan persalinan

Saat ini semakin banyak komunitas untuk ibu Hamil, mulai dari komunitas senam hamil, seminar persalinan dan pelatihan perawatan bayi baru lahir.

Moms bisa menambah informasi, wawasan, dan pengetahuan dengan mengikuti berbagai aktifitas tersebut.

Bergabung dengan komunitas ibu Hamil tentu akan meningkatkan rasa percaya diri menghadapi persalinan, serta dapat saling memberikan energi positif.

Dengan berinteraksi pada komunitas tersebut Moms bisa berbagi pengalaman selama masa kehamilan dan persalinan, sekaligus menambah relasi dengan tenaga kesehatan.



Membaca novel, buku-buku motivasi

Membaca novel bisa menjadi aktifitas baru yang menyenangkan selama masa kehamilan.

Membaca buku motivasi juga mampu memberikan affirmasi positif bagi pikiran dan mental Moms. Selalu semangati diri sendiri menghadapi masa kehamilan.

Tanamkan rasa nyaman dan bahagia menyambut kehadiran buah hati tercinta. Bacalah buku-buku yang mampu membuat Moms bersemangat menghadapi tantangan, membuat Moms mendapatkan energi baru.

Sebaiknya hindari novel dan buku-buku yang bikin galau yaa hehehe.

Membaca buku di perpustakaan dan Toko Buku bisa menjadi aktifitas spesial saat hamil 





Menulis cerita pendek, novel, cerpen anak, flash fiction, nge-blog

Bagi  yang mempunyai hobi menulis (seperti sayaaa..),  Moms bisa mulai membuat tulisan yang sesuai dengan passion Moms.

Banyak sekali komunitas menulis yang ada di sosial media. Moms bisa ikut bergabung didalamnya, dan mulai mengembangkan kemampuan menulis.

Jika beruntung, Moms bisa menghasilkan banyak tulisan saat buah hati lahir. Bahkan bisa menghasilkan buku yang siap terbit.

Nah...silahkan Moms membuka jendela lebar-lebar dan berkenalan dengan dunia penulisan.

Jangan khawatir, banyak sekali mentor yang akan dengan senang hati membantu Moms.

Aktifitas menulis dapat meningkatkan kreatifitas selama hamil




Merajut dan aktifitas menjahit lainnya

Bagi yang menyukai aktifitas sulam menyulam, merajut, menjahit, tentu sangat menyenangkan bila berhasil membuat berbagai jenis pakaian, topi, bahkan sepatu untuk buah hati. 


Keuntungan dari hobi ini adalah bisa dikenakan saat lahir ya Moms. Menjadi kenangan tersendiri serta ada rasa bangga kala dikenakan buah hati.

Jangan lupa diabadikan kedalam foto, kemudian dicetak dalam album. 


Aktifitas Merajut bisa membuat rileks Moms






Mengumpulkan perlengkapan untuk bayi baru lahir

Pada Usia kehamilan yang cukup besar, biasanya Mommies sudah mulai menyicil mengumpulkan barang-barang bayi. 

Sebaiknya Moms membuat check-list dan membeli yang diperlukan untuk bayi baru lahir.

Hunting berbagai perlengkapan bayi sangat menyenangkan. Tetapi jangan lupa untuk memilih yang bermanfaat dan tidak mubazir ya Moms.

Moms bisa mulai membeli perlengkapan untuk bayi baru lahir terlebih dahulu, baru setelah itu dicicil untuk Usia yang lebih besar.




Membuat album foto kehamilan

Kenangan selama masa kehamilan dapat diabadikan dengan membuat album foto yang berisi aktifitas di masa kehamilan. Mulai dari bulan awal hingga saat akan melahirkan.

Berikan caption yang lucu pada Setiap foto, serta ditandai Usia kehamilannya.

Biasanya banyak Mommies yang mencetak fotonya dengan penampakan perut mulai dari Usia 4 bulan hingga 9 bulan. Bahkan banyak juga yang membuat video seru!

Silahkan berkreasi yaa Moms.





Mengumpulkan hasil foto USG di album foto

Moms berapa kali melakukan USG ke dokter Obgyn selama kehamilan?

Harganya cukup mahal bukan?

Nah.. Moms bisa mendokumentasikan hasil foto dari USG pada album foto. Setiap foto bisa di berikan caption yang lucu, serta ditandai Usia kehamilannya.

Tentu akan menjadi kenangan yang tak terlupakan, berikan keterangan apa saja yang Moms alami pada Usia kehamilan tersebut. Misalkan saat Usia kehamilan 4 bulan sering mengalami morning sickness hehehe (itu saya banget.....).

Koleksi Foto USG Baby Moo


Tarveling - Baby moon

Moms yang suka traveling biasanya sangat exciting saat melakukan baby moon bukan?

Baby moon biasanya dilakukan sebelum atau sesudah buah hati lahir. Berwisata, sambil mendekatkan diri dengan pasangan, serta refreshing sebelum disibukkan dengan aktifitas hectic merawat buah hati.

Kalau saya termasuk yang suka Mager dirumah, lebih tenang, dan tidak khawatir selama diperjalanan.

Bagi Moms yang ingin melakukan wisata berdua dengan suami, tetap harus memperhatikan keselamatan selama traveling yaa.

Baca juga : Tips Traveling yang Aman untuk Ibu Hamil




Membuat kue kering dan cake

Moms juga bisa membuat kreasi kue kering bila ada yang membantu di rumah.

Banyak sekali Ibu Hamil pada Usia kehamilan 6 bulan keatas mengikuti kursus membuat kue kering.

Salah satu manfaatnya kue kering dapat dijadikan sajian makanan saat tamu berkunjung kerumah, khususnya setelah buah hati kita lahir. Tetap jaga kesehatan dan keselamatan Moms dan buah hati saat memasak tentunya.

Berbagai kreasi kue kering bisa disajikan saat buah hati telah lahir




Mengumpulkan majalah, buku tentang perawatan bayi, tumbuh kembang bayi dan anak.

Ini adalah aktifitas yang saya lakukan hingga saat ini. Mengkoleksi buku-buku tentang persalinan, perawatan bayi, Inisiasi Menyusui Dini, hingga tumbuh kembang anak dan parenting.

Sangat menyenangkan karena menjadi ilmu yang perlu dipelajari seumur hidup.

Tidak harus membeli buku baru, Moms bisa membelinya di Toko online yang menjual barang second atau di pasar loak. Tetap pastikan kebersihan buku-buku tersebut yaa Moms.



Koleksi Majalah dan Buku tentang persalinan, perawatan bayi baru lahir, inisiasi menyusui dini.

Baca juga :
Pertolongan Pertama saat Anak Diare


Ternyata banyak sekali aktifitas spesial yang bisa Moms lakukan pada masa kehamilan bukan?

Untuk Moms sebagai ibu rumah tangga maupun yang bekerja, berbagai aktifitas diatas bisa Moms lakukan pastinya.

Luangkan waktu khusus dan jadikan sebagai Me Time agar Moms lebih rileks dan bahagia segala masa kehamilan.



Semoga bermanfaat yaa Mommies.




pic source: dokumentasi pribadi, pexel.com, pixabay.com

31 comments:

  1. Emang banyak hal yang bisa dilakukan selama hamil. Jangan hanya malas-malasan tiduran dengan alasan mager atau bayi punya mau! Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..semakin malas ngapa-ngapain malah nanti sakit semua yaa Mbak Eryvia

      Delete
  2. rekan kerjaku (guru) masih ngeprin rapor buat murid2nya, padahal udah H-2
    memang kalau gak ngapa2in malah kerasa ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..salut kawannya Mas Ikrom H-2 masih beraktifitas..saya udah stress tuch

      Delete
  3. Asalkan kehamilannya sehat, tidak memerlukan perlakuan khusus ya bisa saja beraktifitas seperti biasa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Sri..khusus yg harus bed rest sebaiknya lebih baik istirahat :)

      Delete
  4. Dulu katanya Mamaku rajin banget baca Al-Quran sampai hafal beberapa surat di antaranya, alhasil adikku sekarang rajin banget baca Quran-nya :D Boleh tuh Mbak dicoba supaya anaknya nggak cuma baik dunia, tapi juga sholeh/sholehah untuk kebaikan ayah-ibunya selamanya, insyaAllah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Asyifa bisa dicoba nanti kalau pas sudah Hamil yaa, baca Quran...apalagi sudah terbukti sama adek :)

      Delete
  5. saya hamiiilll.... hehehe... terimakasih masukannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Semoga sehat selalu mama Farida dan babynya :)

      Delete
  6. Belum punya anak sih hehehe, tapi waktu kecil dulu, aku yang senang berbicara sendiri, lihat gambar terus ngomong saja sendirian merangkai cerita. Ibu dan bapak hanya memberi buku bergambar biar aku terus bercerita. Itu juga terjadi pada salah satu keponakanku dan sekarang ia menjadi anak yang pandai di sekolahnya sama kaya aku dulu hehehe. Menurutku kegiatan bercerita waktu kecil sangat membantu dalam kemampuan mempelajari bahasa. Anak akan mampu memahami kalimat dan bacaan lebih baik baik itu lisan dan tulisan. *cuma pengalaman saja sih* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren yaa pengalamannya Mbak Rahma..kelak bisa diterapkan mendongengnya :)

      Delete
  7. Bagi saya, wajib ya mendengarkan murotal sejak dalam kandungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib yaa Mbak Nur, Mommy-nya pun ikut tentang dengan murotal

      Delete
  8. Setuju banget terutama yang poin senam dan ikut seminar, saya mengalami sendiri kedua hal tersebut sangat membantu saya saat mempersiapkan persalinan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kalau ikut seminar dan demam Hamil Kak Ella..ibarat ikut tryout dan les sebelum ujian he he,

      Delete
    2. Seru kalau ikut seminar dan demam Hamil Kak Ella..ibarat ikut tryout dan les sebelum ujian he he,

      Delete
  9. Wah, banyak ya sebenarnya aktivitas buat ibu hamil yang bermanfaat jadi semacam therapy. Ngerjain yang bikin suka, selain bisa jadi sesuatu kayak sulaman buat bayi, juga bikin enjoy menjalani masa kehamilan. Nice sharing, Mbak Dira! :)

    ReplyDelete
  10. Menyenangkan sekali ya mbak aktivitas selama kehamilan, sayangnya saya belum pernah merasakan hamil, pengeeen banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kelak artikel ini bermanfaat untuk Mbak Tuty yaa

      Delete
  11. Baby Moon. Istilah yang lagi ngetrend saat ini ya, mb
    Jadi inget masa - masa kehamilan dulu. Apalagi anak pertama beneran mager. Sampai kaki bengkak dari no 38 ke 41. Tapi so far dua2nya menyenangkan banget

    Salam kenal dari Medan, mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa-masa tubuh bermekaran yaa Mbak Dila, alhamdulillah bahagia

      Delete
  12. Dulu waktu hamil Kalki saya baca kitab Mahabharata. Lalu pas hamil kedua yaitu hamil Kavin, saya baca kitab Ramayana :)
    Kedua kitab itu tebel sekali seperti kamus tapi berhasil selesai dibaca di dua masa kehamilan anak-anak saya. Kadang saat mata saya capek buat baca, saya minta suami buat bacakan keras-keras supaya saya tinggal mendengarkan saja hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Superb Mbak Intan, senang juga baby dalam kandungan dengar cerita ayahnya ya :D

      Delete
  13. Rata2 pas hamil dulu aku lakuin kayak ngaji, baca novel, menulis.. Tapi yg foto2 selama kehamilan ato ngumpulin foto usg, itu aku ga mba :p. Ga gitu suka foto soalnya hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting semua aktivitasnya menyenangkan ya Mbak Fanny :)

      Delete
  14. Aku udah kumpulkan foto foto USG tapi belum dirapikan mba. DLu sih rencan arapikan pas hamil eh belum terwujud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mbak Alida, Sekarang albumnya entah kemana hehehe.. Fotonya ga lengkap hiks

      Delete
  15. Belum hamil sih, hehehe. Tapi memang ketika hamil lebih bagus diisi dengan kegiatan yang menyenangkan hati si ibu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsipnya ibu senang, bayipun riang mbak imaniar :D

      Delete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES